Senin, 19 Maret 2012

motivasi diri II (Dimana Bahagia itu ?)

Bahagia adalah sebuah perasaan dimana hati kita merasa puas, damai, senang jauh dari rasa gelisah dan susah dimana dengan rasa ini timbulah rasa syukur. kalau melihat definisi ini maka setiap orang mau dong ya merasakan bahagia. terus sebenernya gimana sih supaya kita merasakan kebahagiaan tiap hari, tiap jam, tiap menit bahkan tiap detik ??
jawabanya gampang ?? "baca sampe abis ya :)

Sebenarnya kenapa sih banyak orang yang belum merasa bahagia, masih merasa gelisah, kalut atau bahasa ngetrenya mah GALAU hehe. jawabanya karena mereka ga tau dimana dan gimana dapetin kebahagiaan tersebut. kebanyakan dari kita sibuk mencari kebahagiaan di luar diri. dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan yang bersifat jasmani atau keduniaan. padahal bahagia itu ada dalam diri kita sendiri lebih tepatnya bahagia itu ada dalam hati kita.

apa sih yang membuat kita gelisah ? apa sih yang membuat kita galau ? apa sih yang membuat kita ga bahagia yang ahirnya terus mengeluh dan mengeluh. Ga enak lho rasanya kalo hidup kita dihiasi dengan perasaan-perasaan tersebut. untuk merubahnya supaya hati kita dipenuhi dengan rasa bahaia, tenang, damai, dan gembira. langkah pertama adalah

1. Selalu pautkan hati kita dengan penciptanya.
    "Allah" Dialah yang maha segalanya. Dialah yang menciptakan diri kita, Dia pula yang menciptakan hati kita, maka dia pula yang menciptakan perasaan kita, semua bentuk perasaan datengnya dari Allah. Sedih, senang, kecewa, tapi semua perasaan itu dalam sekejap bisa berubah menjadi bahagia jika hati ita terpaut padanya. Alquran mengatakan "Ingatlah kamu
 kepada Allah, karena dengan mengingat allah hatimu akan menjadi tenang" maka segala sesuatunya kembalikanlah kepada Allah. jangan pernah mengenyahkan Allah dalam pikiran dan hati kita.

2. Selalu berfikir Positif
     apapun yang terjadi dalam hidup kta dan apaun yang terjadi dalam persaan kita maka, berusahalah untuk berfikir positif. berfikir positif sama dengan berhusnudzon artinya berbaik sangka. yang terlebih dahulu kita lakukan adalah kita harus berbaik sangka kepada Allah, jangan pernah kita berburuk sangka kepada Allah atas apa yang terjadi dalam hidup kita. untuk memiliki pikiran positif maka kita harus melihat segala sesuatu dari sisi positifnya. lihat sisi manfaat dan hikmahnya. contoh : "ketika kamu kehilangan sesuatu yang kamu cintai, maka berpikir positiflah, Oh mungkin allah akan mengganti dengan yang lebih baik, atau Oh mungkin dengan kehilangan barang ini aku bisa lebih dekat sama Allah"
dengan begitu inshaallah hati kita akan terus terkontrol.

3. Bersyukur, bersyukur, dan bersyukur
  bersyukur adalah cara untuk mendapatkan bahagia yang luar biasa, kebahagiaan yang dipandang biasa biasa saja akan menjadi sebuah kebahagiaan yang luar biasa.caranya gimana ?? sadari bahwa kita itu lemah, tak mampu membuat dan menghasilkan apa-apa. segala sesuatu itu datangnya dari Allah. ketika mendapatkan sebuah nikmat maka lihatlah kebawah, banyak orang yang tak merasakan nikamat yang kita rasakan.

4. lapang dada (ikhlas)
apapun yang terjadi maka ikhlas, lapangkan dada lapangkan hati, masalah kecil akan menjadi besar jika hati kita sempit. maka berlapang dadalah dengan begitu outpun yang dikeluarkan adalah suatu aura yang luar biasa. ada kebahagiaan tak ternilai.

5. Berbagi kebahagiaan kepada orang lain
ini adalah cara paling ampuh, berbagi kebahagiaan bisa dengan cara berbagi kebaikan. jangan pernah ragu untuk berbuat kebahagiaan, bisa jadi kebaikan yang menurut anda kecil bisa menjadi sebuah kebahagiaan bagi orang lain bisa jadi kebaikan yang anda berikan menjadi penyelamat nagi orang lain. ketika mampu membuat orang bahagia inshaAllah bahagia yang tak ternialai akan hadir dalam hati kita, asal kita melalkukanya dengan ikhlas.

6. Selalu tersenyum.
kekuatan senyum sanagatlah luar biasa, ketika anda sedang sedih dan kalut maka cobalah tersenyum, tapi jangan bibir aja yang ttersenyum maka hatipun di ajak untuk tersenyum. ketika temen2 menangis dimalam hari maka bertekadlah esok pagi aku harus tersenyum, jangan lupa bagikan senyum tulusmu bagi setiap orang InshaAllah rasa sedih akan berkurang. dan bahagia pun akan datang.

bahagia, bahagia, bahagia. kita harus menjadi orang bahagia. dengan bahagia apapun pekerjaan kita akan terseleseikan dengan maksimal. berbeda dngan orang yang sedang sedih atau galau. dengan bahagia maka ide-ide cemerlang akan bermunculan di otak kita.

so untuk memulai kebahgiaan ini. sekarang tersenyumlah dari hati yang paling tulus :))dngan senyum kamu terlihat lebih cantik dan ganteng hehe cheers :)))))))

*MDasfi*

Tidak ada komentar: