Selasa, 27 Maret 2012

Sikapi Perbedaan

Allah menciptakan manusia dengan berbagai macam perbedaan. Perbedaan wajah, bentuk tubuh, suara karakter, sifat dan masih banyak lagi. Subhanallah itulah salah satu keMAHAan Allah yang tak bisa dijangkau dengan logika manusia. Bagaimana bisa Allah menciptakan jumlah makhluk yang tak terhingga dengan berbagai macam perbedaan dan peranan. Harusnya semua ini bisa menjadi bahan berfikir untuk kita.

Oke, ga usah jauh-jauh ya, kita liat aja temen2 disekitar kita. temen sekelas atau satu geng, pasti semuanya beda-beda. Nah, sekarang kita belajar, kenapa sih Allah nyiptain perbedaan diantara kita ?? jawabannya tentu ada dalam ALquran. Allah mengatakan dalam Alquran "bahwasanya ia menciptakan perbedaan diantara kita, supaya kita saling mengenal"

Luar biasa sekali, coba kita bayangkan kalo di dunia ini ga ada perbedaan otomatis ga seru yah, ga indah, ga asik, juga ga ada bahn untuk belajar, dengan perbedaan kita bisa saling melengkapi, dengan perbedaan kita bisa saling mengisi, membantu dan saling mengasihi.

Perbedaan bisa memunculkan suatu yang baik dan luar biasa. Contohnya lampu bisa menyala karena adanya sisi yang berbeda yang dipertemukan, yaitu sisi positif dan negatif, kemudian dunia ini bisa penuh dengan makhluk hidup syariatnya karena adanya perbedaan yang dipertemukan, yaitu adanya pertemuan antara laki-laki dan perempuan. 

sikapi perbedaan dengan bijak, terutama dalam pergaulan. dalam pertemanan kita pasti mempunyai teman yang sifatnya macem-macem. ada yang baik, jutek, ramah, pelit, lucu, nyebelin dan sebagainya. semua hal itu adalah biasa , jangan pernah menjudge seseorang yang kamu ga suka. karena itulah diri dia, bersikaplah sama kepada siapapun. belajarlah dari semua perbedaan sifat temanmu itu. Dengan memahami sifat-sifat teman maka kita akan lebih nyaman dalam bergaul. Isi dan perbaiki kekurangan teman kita, dan belajarlah dari kelebihan teman kita.

tidak ada sesuatupun yang Allah ciptakan dengan sia-sia. Semua pasti ada hikmah dan manfaatnya....SO..hargai perbedaan, hadapi dengan bijak dan jadikanlah perbedaan diantara kita menjadi bahan untuk kita belajar dan menanam amal.

*CATATANasfi* xoxo

Tidak ada komentar: